Sejarah Komputer Generasi Pertama

No Comments

Komputer adalah alat yang digunakan untuk mengolah data menurut perintah yang telah deprogram.

Kata komputer semula digunakan untuk menggambarkan orang yang pekerjaannya melakukan perhitungan aritmetika dengan atau tanpa alat bantu.

Arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Salah mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, namun komputer modern digunakan untuk berbagai tugas yang tak berhubungan dengan matematika.

Secara luas, komputer juga bisa didefinisikan sebagai suatu peralatan elektronik yang terdiri dari beberapa komponen yang bisa bekerja sama antara komponen satu dengan yang lainnya untuk menghasilkan suatu informasi berdasarkan program dan data yang ada.

Aga juga komponen komputer meliputi layar monitor, CPU, keyboard, mouse, dan printer (pelengkap).

Komputer yang kita gunakan sekarang ini merupakan hasil dari perkembangan teknologi selama ribuan tahun.

Secara umum, sejarah perkembangan komputer terbagi menjadi 2 tahap yaitu sebelum 1940 dan setelah 1940.

Pada tahun 1940, komputer modern pertama mulai dikembangkan. Komputer ini belum sehebat komputer yang kita gunakan sekarang, namun lebih canggih dari pendahulunya.

Sejarah Komputer Generasi Pertama

Komputer modern pertama dikembangkan untuk keperluan perang. Saat itu Perang Dunia II sedang berkecamuk di antara negara-negara Barat.

Di pihak Blok Poros, pada 1936 Konrad Zuse dari Jerman menciptakan Z1, komputer dengan biner digital yang menggunakan pita berlubang.

Pada 1943, Zuse berhasil mengembangkan Z3 untuk merancang pesawat terbang dan peluruh kendali.

Sementara di Blok Sekutu, ada ilmuwan Inggris Alan Turing. Pada tahun yang sama, Turing mengembangkan Turing Machine yang mampu mengolah data dengan algoritma tertentu.

Mesin Turing digunakan untuk memecahkan kode yang dikirimkan Angkatan Laut Jerman. Sementara di Amerika Serikat, perkembangan komputer berlangsung pesat.

Professor Harvard University, Howard Aiken, merancang komputer digital yang diberi nama Mark I. aiken bekerja sama dengan angkata laut AS untuk mengembangkan komputer ini pada 1943.

Mark I besarnya sekitar setengah lapangan bola. Kabel yang digunakan mencapai 1,5 Kilometer. Mark I mampu melakukan 3 penjumlahan aritmatika per detik.

Tiga tahun setelahnya, pada 1946, John W Mauchly dan John Presper Eckert dari Moore School of Electrical Engineering (University of Pennsylvania), berhasil membuat komputer yang 1.000 kali lebih cepat dari Mark I.

Komputer yang diberikan nama Electronic Numerical Integrator dan Computer (ENIAC) ini sangat besar.

Satu komputer terdiri dari 18.000 tabung vakum, 70.000 resistor, dam 5 juta titik solder. ENIAC membutuhkan ruangan sebesar 500 meter persegi.

John Von Neumann yang merupakan konsultan ENIAC mengembangkan mesinnya sendiri yang dikenal dengan Electronic Discrete Variable Computer (EDVAC) pada 1947.

Dalam waktu satu detik, ENIAC mampu memproses 5.000 perhitungan 10 digit angka yang jika dilakukan secara manual oleh manusia akan memakan waktu 300 hari.

EDVAC kemudian dikembangkan terus dengan nama EDSAC dan UNIVAC. Univac juga menjadi komputer komersil pertama. UNIVAC digunakan untuk keperluan sensus di AS tahun 1951. Von Neumann pun dijuluki sebagai Bapak Komputer Modern.

Ciri-Ciri Komputer Generasi Pertama

Komputer pada generasi pertama memiliki ciri-ciri:

  • Hanya bisa digunakan untuk fungsi penghitungan saja
  • Mengggunakan vacuum tube
  • Menggunakan silinder magnetic untuk menyimpan data
  • Programnya menggunakan bahasa mesin
  • Berukuran besar
  • Butuh listrik yang besar
  • Kapasitas penyimpanan sangat kecil
  • Memerlukan mesin pendingin.

Itulah bagaimana sejarah perkembangan komputer pada generasi pertama.

Categories: Uncategorized

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *